Cari Blog Ini

Memuat...

Sabtu, 18 Desember 2010

Misteri Kamar 308

Minggu, 19-12-2010   RSS Feed


Misteri Kamar 308 Pernah ke Pelabuhan Ratu? Jika belum cobalah menginap di Ina Samudera (dahulu Samudera Beach Hotel) atau sekedar mampir? Pemandangannya cukup bagus, menghadap langsung ke pantai, seperti layaknya hotel-hotel di bibir pantai di Pulau Dewata.
Tapi yang paling unik dari hotel yang digagas oleh Bung Karno ini adalah kehadiran kamar 308. Kamar istimewa ini dipercaya sebagai tempat Nyi Roro Kidul. Setiap orang yang hendak masuk ke kamar ini mesti mengucapkan salam atau apapun menurut kepercayaan masing-masing.
Nuansa magis sangat terasa manakala masuk ke kamar yang dipercaya memiliki pesona magis dari sang ratu penguasa pantai selatan. Nuansa hijau menyergap setiap dinding dan karpet. Bahkan keramik lantai. Bunga sedap malam asli, dan wewangian lainnya menusuk hidung seperti masuk kamar pertapaan.
Ya, tidak salah memang. Kamar 308 di hotel yang dibangun pada 1962 ini bagi sebagian orang yang percaya akan pesona dan keberadaan Nyi Roro Kidul kerap dijadikan tempat semedi. Pada hari-hari tertentu, seperti malam satu syura (Tahun Baru Hijriah) atau malam keramat lainnya, kamar 308 boleh dikatakan full book.
Tidak untuk menginap (memang tidak disewakan untuk menginap), melainkan untuk sekedar bersemedi. Setiap tamu diperkenankan memanjatkan doa dan lain-lain paling lama 1 jam. Tarifnya adalah Rp 125 ribu. Tetapi jika tamu tersebut menginap di hotel maka tidak dipungut biaya.
Keberadaan kamar 308 sangat menyolok. Dari depan tampak dua buah bangunan mirip janur dengan payung kecil kehijauan. Sementara balkon yang menghadap pantai tampak jelas dari kolam renang dengan kahadiran sejenis kanopi, juga nuansa hijau. Warna ini dipercaya merupakan warna favorit Nyi Roro Kidul.
Di dalam kamar tampak lukisan potret wanita cantik yang diyakini sebagai gambaran ratu penguasa pantai selatan hasil karya Basuki Abdullah. Banyaknya barang dan pernak-pernik menunjukkan betapa banyak tamu yang pernah berkunjung ke kamar berbau mistis ini.
Penasaran? Cobalah sekali waktu berlibur di pantai selatan Sukabumi ini. Jaraknya tak jauh dari Jakarta. Suguhan pantai dengan debur ombak memecah karang dan pasir keabu-abuan. Sambil berenang tamu bisa menatap kamar 308 yang penuh misteri, atau memandang laut lepas di saat matahari tenggelam di horizon barat. (*)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar